Halaman

Jumat, 23 November 2012

PESONA GOA PETRUK



Di kawasan wisata eko-karst Gombong Selatan,Kebumen, terdapat gua alami yang dinamakan Gua Petruk. Gua ini berada di dukuh Mandayana Desa Candirenggo Kecamatan Ayah, kabupaten Kebumen, atau sekitar 4,5 km dari Gua ini dapat ditelusuri sejauh 300 meter dalam kondisi masih alamiah dan tidak banyak perubahan campur tangan pengelola. Menurut salah seorang pakar Gua dari luar negeri mengatakan, bahwa Gua Petruk ini merupakan Gua terindah di seantero Nusantara. Untuk itu, pakar Gua ini meminta pada Pemda Kebumen, agar Gua tersebut tetap dijaga kealamiannya. Bahkan, untuk diterangi dengan listrik, juga tak diperkenankan. Namun pengunjung jangan khawatir, di sini tersedia guide atau pemandu yang selalu siap mengantar disertai dengan peralatan lampu yang memadai.

Di dalam, Anda akan diajak untuk menelusuri Gua Petruk, seakan-akan masuk ke dalam perut bumi yang gelap, tetapi menyimpan hiasan-hiasan batu yang luar biasa  indahnya. 

Gua yang letaknya tidak jauh dari gua jatijajar,adalah gua yang sangat sangat masih alami,tak ada penerangan didalam gua,jadi masih gelap gulita,dan lantainya masih berbatu bukan ubin.nama dari gua petruk sendiri diambil dari tokoh pewayangan punokawan yaitu petruk, karena didalam gua terdapat stalaktit yang bentuknya mirip dengan hidungya petruk.

Yang menarik dari gua petruk adalah stalaktit dan stalakgmitnya yang unik sekali,antara lain ada yang menyerupai seekor buaya atau maaf sedikit lancang menyerupai payudara,
Gua petruk memiliki 3 lantai gua,yang pertama adalah gua dasar ,gua hindu dan gua petruk.
Gua dasar untuk wisata umum panjangnya hanya 100 meter,stalaktit dan stalakmitnya sungguhmengagumkan sekali. kalau ingin menelusuri hingga ekor bisa juga tapi hrs dengan pemandu.setelah sampai pada ekor gua anda bisa mengunjungi pantai ataupun air terjun yang berada dekat di ekor gua.
Gua hindu adalah lantai dua, gua ini buntu hanya sedikit yang berkunjung dan dijadikan tempat buat menaruh sesaji.
Gua petruk adalah lantai palig atas,terdapat bermacam macam stalaktit dan stalamitnya, semua gua masih gelap gulita,jadi apabila mau menelusurinya harus dengan pemndu wisata yang menggunakan lampu senter ataupun petromaks


harga tiket masuk gua petruk yaitu Rp.8.000/orang,


1 komentar: